Flirting With Tamed Elephants In Way Kambas National Park Lampung

For some of you who really want to flirt with nature, especially playing around with tamed elephants, I suggest you to come to Way Kambas National Park in Lampung. If you guys are coming from Jakarta, it’s not so draining your wallet to come to Lampung because it costs about IDR 200K by plane or about IDR 150K by bus.

Way Kambas National Park was run by government, that consists of swamp forest and lowland rain forest, mostly of secondary growth as result of extensive logging in the 1960s and 1970s. In 2016, Way Kambas was formally declared an ASEAN Heritage Park.

Processed with VSCO with g3 preset
Tamed Elephants in Way Kambas National Park – Lampung

GET IN

  • Entrance fee for domestics: IDR 12K/person/day, IDR 20K/person/day at weekends and public holidays.
  • Entrance fee for foreigners: IDR 150K/person/day, IDR 250K/person/day at weekends and public holidays.
  • Accommodation in Way Kanan IDR 250K/night without food and real toilet. This accomodation is optional if you want to stay overnight around Way Kambas.

HOW TO GET TO WAY KAMBAS

Direction below starts from Bandar Lampung to Way Kambas National Park:

  • By bus: [Alt. 1] From Raja Basa bus terminal to Way Jepara, stops at Gajah Batu, Rajabasa Lama village, then continue by taking ojek (bike) to Way Kanan or Elephants Training Center of Way Kambas.
  • By bus: [Alt. 2] From any bus terminal, take bus to Metro city, then continue taking bus from Metro to Rajabasa Lama.
  • By car: Open google maps on your smartphone for the directions then everything is going to be very clear.

I don’t recommend you to go to Way Kambas by motorcycle or bike because it is dangerous; the street crimes may be happened in unecpected time, unless you go with local people.

Processed with VSCO with c7 preset
Riding Elephants in Way Kambas National Park – Lampung
Processed with VSCO with c7 preset
Chit-chat with Elephants.. Why Not?

Overall, playing and flirting with tamed elephants directly in Way Kambas is a good idea to spend your holiday in Lampung, not always going to beaches even Lampung has some amazing oceanic views to offer.

If you guys have special request for photoshoot or filming permission, you can contact Pak Suhadak as the tour coordinator at +6282380303423 (call & Whatsapp) or email at adakspontan71@gmail.com

So.. do you have plan to visit Way Kambas? 🙂

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Ke Pantai Gigi Hiu Lampung

Akhir Maret 2017 lalu, kegiatan gue padet banget sama agenda ke luar kota, mulai dari kondangan, training dari kantor, sampe akhirnya liburan super singkat ke Lampung. Banyak yang tanya kalo di Lampung itu ada tempat wisata apa? Oke, salah satu tujuan gue ke Lampung adalah mengunjungi pantai Gigi Hiu di kawasan Tenggamus.

Kenapa sih mau ke Pantai Gigi Hiu? Emang terkenal ya? Di sebelah mananya Lampung? Aksesnya lewat mana? Well, mungkin ini 4 alasan gue kenapa mau menapakkan kaki ke Pantai Gigi Hiu pas gue liburan singkat ke Lampung, here we go:

I. Tempat Para Petualang Sejati

Gimana gak petualang coba? Buat yang udah pernah ke sini pasti ngerasain gimana susahnya untuk menuju ke Pantai Gigi Hiu, dengan lokasi yang cukup jauh dari Bandar Lampung (sekitar 3-4 jam perjalanan dengan motor), akses yang sulit karena hampir di sepanjang jalan menuju pantai ini sangat rusak & bergejolak, ditambah lagi belum ada plang/papan petunjuk arah menuju lokasi, bro! Google Maps? Gak mempan, bahkan nanya orang lokal aja belum tentu tau pantai ini, karena pantai ini punya banyak versi nama ya, mulai dari Gigi Hiu, Batu Layar, Pegadungan, dll. Nah, buat lo yang gak manja, punya jiwa petualang yang tinggi dan mau coba ke sini bisa ikutin petunjuk rinci yang ada di blog temen gue di sini ya.

II. Pemandangan Yang Luar Biasa Kece

Kece? IYA BANGET! Sampe sini meski udah ngalamin jalan begajulan tapi sama sekali gak nyesel deh. Air laut di pantai ini biru dengan gradasi warna yang sangat memanjakan mata ditambah batu karang besar yang ada di pesisir laut menambah eksotisme dari pantai Gigi Hiu ini, loh gengs! Ini contoh dari foto-foto kece yang diambil sama temen gue, Handri, di pantai Gigi Hiu Lampung:

IMG_5985
Pemandangan Batu Karang di Pantai Gigi Hiu, Lampung
IMG_5671
Sisi pantai sebelum menuju Karang Gigi Hiu
DCIM100GOPROGOPR0656.
Penampakan Pantai Gigi Hiu dengan menggunakan GoPro

Mungkin itu cuma foto ya gengs, tapi kalo ke sana langsung dan liat dengan mata kepala sendiri bagusnya lebih parah deh ya.. Ajib! Karena jalan-jalan itu bukan sekedar hahahihi, tapi lebih dari itu kita banyak belajar dari pengalaman dan selalu bersyukur.

III. Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

Memang ya, latar pantai ini udah masuk dalam salah satu film nasional Indonesia, udah banyak juga masuk dalam foto kalender dan iklan pariwisata Indonesia lainnya, tapi meski gitu masih banyak juga yang belum berkunjung ke sini kok, orang Lampung asli aja belum tentu tau nama atau tau jalan ke pantai ini gengs.

IV. Memicu Adrenalin

Struktur dari pantai ini merupakan batu-batu karang besar, anginnya kencang, dan ombak di sini pun sangat besar sehingga pantai Gigi hiu ini bukan merupakan pantai dengan pasir putih cantik ya. So, untuk dapet foto kece di sini kita harus naik/manjat ke batu karang besar tersebut. Siap-siap aja perasaan merinding takut jatoh atau tiba-tiba batunya runtuh kan cukup bahaya ya, belom lagi kita gak akan pernah tau kapan air akan pasang, jadi jangan sampe nantinya kalian ke sini terus asik foto-foto di karang dan tiba-tiba airnya pasang.. Gak bisa balik lagi deh ke daratan kecuali nunggu surut lagi.

DCIM100GOPROGOPR0765.
Foto bersama IG-ers Lampung yang baik hati menemani saya ke pantai Gigi Hiu
IMG_6002
Berpose di atas batu karang besar

So, setelah membaca 4 alasan ini, makin tertarik kah lo semua untuk menuju pantai Gigi Hiu di Lampung ini? Atau malah sebaliknya? HAHAHA

Ada pertanyaan atau komen seputar pantai Gigi Hiu? Yuk ah komen di bawah ini ya! 🙂