Travel Stories Worldwide Destinations

Saat Impian Jadi Kenyataan: Bisa Pergi Ke Jepang Gak Perlu Bawa Uang!

Dulu nih tiap hari minggu pagi, di umur gue yang masih kecil, tontonan kartun-kartun Jepang di TV selalu jadi sarapan utama gue. YAAK! Ketawan kan umur gue sekarang berapa.. wkwk anak 90an cuy! But, percaya deh kalo tiap anak generasi 90an pasti ngerasain hal yang sama juga. Sampe akhirnya kebanyakan kita-kita nih punya impian untuk pergi ke Jepang.

Soal kartun yang gue tonton, sebut aja Doraemon. Robot kucing yang datang dari abad ke-22 ini bisa dibilang jadi salah satu penyebab impian gue buat pergi ke Jepang karena doi selalu muncul dengan solusi serba berteknologi canggih, yang pastinya belum ada tuh alat-alat Doraemon di tahun 90an kan, sejauh yang gue pikir waktu itu adalah: WAGELAASEEH, JEPANG KEREN BANGET GUE PENGEN KE SANA!

Foto di pinggir terminal bus Takayama, Jepang

BUKAN CUMA NEGERI SAKURA, JEPANG JUGA NEGERI MASA DEPAN

Belasan tahun lamanya memendam rasa penasaran gue sama Jepang pun karena tontonan Doraemon itu akhirnya terjawab sudah. Akhir September 2018 lalu gue berkesempatan pergi ke Jepang untuk ngeliat dengan mata sendiri keadaan di sana kayak apa. Dan kesan gue selama 24 jam pertama di Jepang: AMAZING BRO!

Jalan yang teduh di Hakone saat musim gugur

Gimana gak amazing gue bilang, bayangin aja ya semua transportasi di sana super cepat, tepat waktu, tertata rapih, dan saling terhubung satu dengan yang lainnya (bus, kereta komuter, subway), penduduk sana pun sangat welcome dengan turis-turis yang berkunjung ke negara mereka. Padahal selama ini, media-media lebih banyak mengumbar keindahan alam Jepang itu sendiri kayak gunung fuji dan bunga sakura.

Nah, buat yang pernah ke Jepang juga pasti ngerasain kan gimana ramahnya berinteraksi dengan penduduk sana, ditambah kecenya teknologi super canggih yang rasanya kita udah tinggal di masa depan, di mana toilet aja punya banyak tombol dengan berbagai fungsi kayak buat menghangatkan lah, ada lagu-lagu biar buang airnya gak kedengaran tetangga, belom lagi hampir tiap jalan ada macem-macem vending machine buat jajan. Yang paling kece lagi adalah beberapa tempat udah pake ROBOT buat ngelayanin pembeli yang dateng ke tokonya, dan masih banyak kecanggihan lainnya.

SO FUTURISTIC!

Mesin tiket transportasi di Jepang sudah menggunakan self-service

Hampir semua toilet di Jepang punya banyak tombol seperti ini

GAK BAWA UANG, TAPI BISA PERGI KE JEPANG

Dengan teknologi di Jepang yang super canggih gue ceritain itu, gak heran kalo biaya hidup di sana cukup tinggi. Barang-barang bahkan sampe harga makanan pun mahal banget bos!

Wait, gak usah panik. Buat trip ke Jepang ini, gue bisa kasih tips #Jalan2Jenius di mana lo gak perlu khawatir untuk jalan dari Indonesia ke luar negeri dan bahkan gak perlu bawa uang sama sekali. KOK BISA SIH?!

Nah, ini ceritanya gue pake kartu Jenius dari bank BTPN. Buat yang belum tau apa itu Jenius, adalah aplikasi perbankan dengan bentuk kartu debit VISA buat ngelakuin berbagai aktivitas keuangan seperti nabung atau transaksi, yang bisa dikontrol langsung dari smartphone masing-masing. Pokoknya mah ini bikin ngatur keuangan lebih simple dan yang pasti sangat aman.

Pake Jenius untuk aktivitas perbankan yang kekinian

Dari Jenius sendiri, gue biasa pake 2 fitur buat traveling:

  • Kartu debit VISA

Dengan kartu ini, kita para pengguna Jenius bisa dengan leluasa pake kartunya buat transaksi di ATM negara mana pun yang berlogo VISA, gak perlu registrasi atau daftar-daftar lagi lah, ditambah lagi rate-nya itu oke banget buat traveler yang mungkin gak megang banyak budget.

  • Dream Saver

Fitur ini, memungkinkan untuk debet otomatis dari rekening kita buat ditabung sesuai dengan tujuan tabungan itu sendiri yang udah kita set, yah kalo gue buat mewujudkan mimpi dari kecil untuk ke Jepang sih. Sampai waktunya tiba untuk berangkat, tabungan ini udah siap untuk dipake yah. Aselikk praktis banget dan GAK ADA biaya admin bulanan!

See? Dengan pake kartu Jenius aja gue udah bisa jalan ke Jepang, planning dari jauh-jauh hari pake fitur Dream Saver, terus di sana bisa langsung tarik debit di ATM berlogo VISA. Gak perlu lagi deh kalo jalan ke luar negeri bawa uang cash, apalagi ribet ngurus tuker uang, udah cocok lah kalo gini ceritanya ke Jepang yang notabene negara dengan teknologi canggih, kitanya yang berkunjung juga udah canggih.. HAHAHA

BELAJAR BANYAK DARI JEPANG

Sebagai anak muda Indonesia yang biasa-biasa aja, gue termasuk yang melek teknologi dan penuh dengan rasa ingin tau & keinginan untuk mencoba hal-hal baru, gue belajar banyak dari Jepang ini ya, gak cuma jalan ke sana ke mari ngabisin duit banyak.

Orang-orang yang tertib dan super friendly ke turis-turis jadi daya Tarik sendiri di Jepang, gue rasa gue sendiri bisa nerapin ini ke diri gue di Indonesia yang sebenernya udah ramah juga karakternya, tinggal poles dikit lagi aja udah makin jadi.

Foto bareng penduduk lokal Jepang di Shirakawa-go

Disana, semua penduduknya taat aturan dan rapih ke mana-mana, ya di sini mungkin agak berbeda, tapi dengan dimulai dari diri sendiri juga, sangat memungkinkan untuk menginspirasi yang lainnya.

Kalo kata orang di Jepang itu harganya pada mahal-mahal, itu benar adanya, tapi bukan berarti gue mesti bawa duit satu  ditambah lagi jalan-jalan gak ribet pake kartu Jenius, makin terasa mudah ke mana pun kita jalan.

Nyobain pake Yukata di Hirayu Onsen, Jepang

Ada yang pernah juga jalan-jalan pake kartu Jenius? Share dong pengalaman kalian 🙂

Advertisements

0 comments on “Saat Impian Jadi Kenyataan: Bisa Pergi Ke Jepang Gak Perlu Bawa Uang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: