Tips & Sharing Worldwide Destinations

Mau Pergi Ke Jepang, Apa Perlu Beli JR Pass?

Dilema ini sering terjadi buat orang-orang yang mau pergi ke Jepang. Berpikir keras, cari-cari info, tanya-tanya tetangga, tapi tetep aja kepikiran “Apa perlu beli JR (Japan Rail) Pass buat di Jepang nanti?”.

Oke, sebelumnya gue jelasin dikit ya, Japan Rail Pass atau biasa dikenal dengan sebutan JR Pass adalah tiket rel kereta yang sangat hemat biaya untuk perjalanan kereta jarak jauh di Jepang. Ini hanya dapat digunakan oleh turis asing dan menawarkan penggunaan kereta JR tanpa batas. – Japan Guide.

Nah, buat yang masih bingung, gue mungkin bisa bantu dikit di tulisan ini. Dan kalo lo udah beli tiketnya, gak usah panik, sekarang lo mesti tau apa lo perlu beli JR Pass selama di Jepang nanti atau enggak. Caranya:

1. Lihat Total Biaya Transportasi Dari Itinerary

Kuncinya ya satu, itinerary lo selama berada di Jepang harus udah jelas semua, mulai dari kota-kotanya maupun tempat-tempat yang nanti bakal lo kunjungin, beserta estimasi pengeluarannya juga. Contoh itinerary bisa cek punya gue di sini.

Untuk estimasi biaya transportasi lo bisa cari referensi di hyperdia atau rome2rio.

2. Kenali Operator Transportasinya

Nah, ini bisa keliatan setelah lo cek estimasi total biaya transportasinya dari link di poin nomor 1. Kalo gue sendiri, lebih nyaman pake rome2rio ya, dari situ keliatan mana yang dioperasikan oleh perusahaan JR mana yang enggak.

*JR Pass hanya bisa digunakan pada kereta dan bus yang berlogo JR.

Lo filter deh sekarang berapa duit yang harus lo keluarin buat transportasi berlogo JR doang di Jepang (termasuk bus & kereta). Nanti tinggal lo bandingin sama berapa hari lo bakal ada di Jepang.

3. Cek Paket JR Dari Berapa Hari Lo Berada Di Jepang

FYI nih, JR itu ada banyak pilihannya, tergantung dari jenisnya & masa berlakunya.

JR Pass Table
Tabel Harga JR Pass

Tipe JR ada dua: Green & Ordinary.

Kalo Green macem executive-nya gitu lah, lebih mewah, sedangkan ya ordinary buat sobat misqueen gitu.. wkwk alias ekonomi. Tapi tenang, ekonominya di Jepang tetep kece kok, gak nyesel lah pokoknya.

Untuk harga hanya terbagi tiga: 7 hari, 14 hari, dan 21 hari.

Di sini lo bisa nentuin deh, mulai dari hari ke berapa lo pake JR sampe hari terakhir lo pake JR-nya, misal lo akan ada di Jepang selama 12 hari, tapi dari itinerary lo akan pake JR di hari ke-5 sampe hari ke-12, berarti kan lo cuma pake 7 hari tuh, nah berarti lo cukup beli JR Pass 7-Day. So, gak perlu beli yang 14-Day ya.

KESIMPULAN

  • BELI JR PASS, kalo total estimasi pengeluaran transportasi berlogo JR–dari perhitungan web di poin 1–selama di Jepang lebih besar dari harga JR Pass. (biaya transportasi JR > harga JR pass)
  • JANGAN BELI JR PASS, kalo total estimasi pengeluaran transportasi berlogo JR selama di Jepang lebih kecil dari harga JR Pass. (biaya transportasi JR < harga JR Pass)

___________________________________________________________________________________________________________

**INFO TAMBAHAN SEPUTAR JR PASS**

DIMANA BELI JR PASS?

JR Pass bisa dibeli di e-commerce macem Traveloka, Tokopedia, ataupun Shopee, bisa juga dibeli di agen-agen travel besar langganan lo ya, pasti ada! 🙂

GIMANA CARA PAKAI JR PASS

Setelah lo beli JR Pass di e-commerce atau agen travel, lo akan dapet serangkaian kertas macem booklet, nah itu lo bawa sampe ke Jepang tapi belom bisa digunain ya, lo mesti redeem booklet tersebut ke loket JR yang ada di bandara atau di stasiun, dan tentuin tanggal aktif JR-nya mau dari kapan.

**Tanggal lo beli JR di negara asal bukan tanggal aktif JR Pass, tanggal aktif JR Pass adalah setelah melakukan redeem booklet yang didapet dari negara asal di loket JR Pass Jepang berdasarkan permintaan dari kita sendiri

TIPS MEMBELI JR PASS

  • Belilah sekurang-kurangnya 2 minggu sebelum keberangkatan ke Jepang, karena JR Pass itu terbatas jumlahnya
  • Beli JR Pass di e-commerce atau agen travel yang terpercaya. Karena mulai dari selesai proses bayar sampe dapet booklet-nya aja butuh waktu beberapa hari, jadi bisa aja ada oknum nakal yang buat jadi lahan penipuan kan. Hati-hati ya!
  • Pastikan memilih paket JR Pass sesuai dengan kebutuhan hari pemakaian JR Pass itu sendiri di Jepang, jangan sampe kita jadi rugi karena niatnya berhemat malah kebobolan 😦

So, are you guys ready to explore Japan? 😀

Advertisements

1 comment on “Mau Pergi Ke Jepang, Apa Perlu Beli JR Pass?

  1. Pingback: Malu Tapi Mau, Ini Pengalaman Bugil Bareng Di Onsen Jepang – Doni Laksono – Travel & Digital Influencer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: