Jawa Barat

Camping Tanpa Izin Di Situ Cileunca Bandung

Weekend tiba, tau lah saatnya untuk apa. Jalan-jalan! Yeah, kali ini ke tempat yang udah sangat gak asing lagi buat saya, Bandung, tempat di mana masa-masa dusta, maksiat, dan segala hingar bingar pendewasaan bermula. Oke tapi kali ini bukan bahas soal masa kelam durjana yang udah lewat, saya akan cerita soal pengalaman camping yang saya lakukan beberapa weekend lalu di Situ Cileunca, Pengalengan, Bandung; bersama sobat Instagram yang juga hobi traveling, yaitu Heri, Gerry, Irfan, dan Satria.

Situ Cileunca
Rute Menuju Situ Cileunca

Perjalanan dimulai dari Bandung dengan menggunakan motor. Kami menghabiskan waktu sekitar 2 jam (start jam 7 malam, sampai jam 9an malam) untuk bisa sampai ke Situ Cileunca. Soal rute, kayaknya gampang lah ya tinggal buka google maps dan cari Situ Cileunca, so kita pun udah bisa ke sana tanpa harus tanya-tanya orang lain lagi.

Enaknya pergi malem ya gini nih, kita masuk kawasan Situ Cileunca gak mesti bayar kayak biasanya karena penjaganya udah pada masuk rumah masing-masing, saatnya mereka bertugas menafkahi istri & anak-anak.. aw aww.

Situ Cileunca
Tenda camping kami di Situ Cileunca

Segala tenda dan perlengkapan camping, kami sewa di Green Camp Rental Camping di kawasan Cikutra, Bandung, lebih tepatnya di Jl. Gagak. Well, di sekitaran sini sebetulnya ada banyak toko rental alat outdoor dan kalian bisa pilih mau sewa di mana, cuma ya kalo saya udah cukup berlangganan sama Green Camp jadi memilih untuk setia aja.

*Kontak Green Camp: 022-2517601 atau WA: 08997898894

ALAT YANG KAMI SEWA DAN HARGA (per Agustus 2017):

• Tenda kapasitas 2-3 orang = Rp30,000/tenda/malam
  • Tenda kapasitas 3-4 orang = Rp40,000/tenda/malam
  • Lentera = Rp15,000/malam (2 buah)
  • Sleeping Bag = Rp5,000/buah/malam
  • Matras Aluminum Foil = Rp5,000/matras/malam
  • Kompor = Rp10,000/malam
  • Gas = Rp20,000/tabung

Kondisi badan gak fit banget kali ini, tapi sebagai travel influencer panutan harus selalu siap dan bisa bawa suasana ya.. ciyeelah.. So, setelah semua perkakas tenda rampung, saya bobo manja aja, sedangkan yang lain entah ngapain di luar sana.

Well, pagi-pagi buta, suhu memang dingin banget di sini, kami bangun untuk foto-foto cantik uhlala. Here we go:

Processed with VSCO with l3 preset
Situ Cileunca dari dalam kapal
Processed with VSCO with c7 preset
Sunrise di Situ Cileunca
Menyambut matahari pagi situ Cileunca

Oke, kesimpulannya karena kita dateng malem-malem gak diundang dan gak bayar pula, so gak recommended banget buat kamu ikutin perjalanan kita kek gini ya gengs. Pagi-pagi buta ketawan lah ada 2 tenda bertengger di belakang tulisan gede “SITU CILEUNCA” yang katanya gak boleh dan super terlarang banget dibuat camping, alhasil kita jadi bayar denda.. wkwk.. But, overall karena kita jalan ramean jadi oke lah dengan segala kekhilafan ini.

Processed with VSCO with c7 preset
Teletubbies Situ Cileunca, difotoin @francescology

Saran saya, udah dari sore kamu ke tempat ini dan urus segala perizinan jadi camping bisa lebih tenang dan mungkin dikasih tau tempat yang boleh dijadiin perkemahan atau enggaknya ya. So far, spot di sini oke banget kalo mau hunting foto bintang dengan gugusan galaksi yang kece banget asal gak berkabut dan cuaca mendukung.

Ada lagi spot kece lain untuk camping di Bandung selain di sini?