Bali

1 Malam Mengesankan Di Nusa Penida, Bali

Banyak orang tau Bali, mulai dari penduduk domestik sampai turis mancanegara. Salah satu pulau terkenal di Indonesia yang sangat mendunia namanya dalam bidang pariwisata ini, siapa sangka kalau Bali itu ternyata masih punya juga tempat-tempat yang belum banyak terjamah wisatawan, salah satunya di Nusa Penida.

Akhir April 2017, saya pelesiran ke Bali, tapi tujuan utamanya adalah ke Nusa Penida ini, bukan hura-hura di pulau Balinya.. haha Padahal ini juga baru pertama kalinya kaki saya menginjak tanah Bali. Oke, begini cara saya menikmati sisi lain pulau Bali yang mengesankan dengan 1 malam aja di Nusa Penida:

I. HARI PERTAMA

Pagi-pagi banget sekitar jam 7, harus udah sampe di pantai Sanur untuk beli tiket speedboat menuju Nusa Penida. Pembelian tiket bisa dilakukan di counter-counter berbentuk tenda gitu di pinggir pantai ya, ada banyak banget counter-nya dengan berbagai merk kapal. Harga? Berkisar Rp75,000 – Rp100,000 per sekali jalan.

Processed with VSCO with c7 preset
Counter Tiket Speedboat Menuju Nusa Penida di Pantai Sanur, Bali

Biar lebih aman, kamu harus booking tiket dulu supaya dapet seat-nya, karena ternyata biasa cepat habis karena diborong sama tour agency.

Processed with VSCO with c7 preset
Kapal-kapal di Pantai Sanur Siap untuk Menyebrang ke Nusa Penida

Oh iya, saya nyebrang ke Nusa Penida naik kapal Dwi Manunggal dengan harga Rp100,000 per sekali jalan ya, terbilang mahal karena di kapal lain seperti Maruti, Mola-Mola, Idola, dll. itu harganya Rp75,000 aja, tapi apa daya karena semua habis makanya naik yang ada aja biar ga buang waktu.

*Tiap merk kapal berhenti di dermaga yang berbeda di Nusa Penidanya

30-45 menit perjalanan saya naik kapal Dwi Manunggal ke Nusa Penida. Pemberhentian kapal ini di dermaga Toyapakeh dan waktu sudah menunjukkan jam 9 pagi. Kalau kamu naik kapal lain, siap-siap aja karena mungkin dermaga kita gak akan sama.. hahaha.. Lanjut, Selepas turun dari dermaga, maka di depan mata udah banyak banget motor-motor yang siap untuk disewakan, tanpa pikir panjang langsung aja kita pilih motor untuk segera cus ke tempat penginapan supaya bisa cepet-cepet explore.

Processed with VSCO with c7 preset
Dermaga Toyapakeh, Banyak Penyewaan Motor

**Untuk sewa motor dari dermaga Toyapakeh bisa hubungi Pak Made di 085338229344

Penginapan yang saya tempati di Nusa Penida ini berlokasi di desa Ped, tepatnya di dekat SDN 01 Ped. Saya memilih tempat ini karena harganya murah dibanding penginapan homestay lainnya, hanya Rp200,000/malam dan bisa ditinggali 3-4 orang, lokasinya juga di pinggir jalan persis, tidak jauh dari dermaga (sekitar 2KM) dan cukup berada di tengah pulau, so gak masalah kalo mau meng-explore sisi timur & barat pulau Nusa Penida ini.

Processed with VSCO with c7 preset
Penginapan di Nusa Penida

Lebih oke lagi kalo kamar di tempat yang saya tinggali bersih banget, ada TV, kamar mandi dalam, kipas angin, lemari, jendela kamar, teras, dan lahan parkir motor. Ibu pemilik penginapan ini juga ramah dan beliau buka toko kelontong di rumahnya, jadi kalo mau dibuatin makanan tinggal bilang ke si ibunya aja.. hehe

***Tidak ada plang nama penginapan untuk homestay ini ya, masih baru, kalau mau booking dan tanya detail alamatnya bisa hubungi Ibu Rini di 08123911804

Next, setelah menaruh barang bawaan di penginapan, lanjutlah saya dan 2 orang teman saya ke arah timur untuk explore.

Destinasi di hari pertama ini adalah:

  • Pantai Atuh
  • Rumah Pohon, Pulau Seribu
  • Pantai Suwehan

PANTAI ATUH

Ini kayaknya jadi titik destinasi terjauh di ujung timur Nusa Penida. Percayalah, pantai ini punya daya tarik sendiri dengan warna biru lautnya yang super duper kece! Pasirnya putih dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi.

Processed with VSCO with c7 preset
Pantai Atuh dari Sisi Atas Tebing
Processed with VSCO with c7 preset
Pantai Atuh, Nusa Penida – Bali

Akses jalan ke sini cukup bagus sih ya, cuma ada beberapa titik yang mungkin harus lebih berhati-hati karena kontur tanah/jalan yang agak curam dan berpasir.

****Sangat dianjurkan pake motor untuk eksplor di sini, dan better untuk sewa masing-masing, karena kalo boncengan resiko ban bocor karena jalanan masih banyak yang jelek dan gak kuat nanjak

RUMAH POHON, PULAU SERIBU

Letak tempat ini sebetulnya masih di sekitaran pantai Atuh, persis sekitar 200 meter sebelum masuk ke parkiran ada pertigaan tinggal lurus aja untuk ke rumah pohon, kalo ke pantai Atuhnya kan belok kiri. Di sini sebetulnya cuma ada beberapa rumah kayu yang ada di pohon aja, fungsinya ya buat disewain gitu, tapi kalo buat foto-foto doang boleh juga sih. Pemandangan yang didapat dari spot ini kece banget bro bri!

Processed with VSCO with c7 preset
View Dari Atas Tebing Pulau Seribu
Processed with VSCO with c7 preset
Rumah Pohon di Pulau Seribu

PANTAI SUWEHAN

30 menit waktu tempuh ke pantai ini dari Rumah Pohon ke arah selatan, semakin menjauh. Pantai ini cenderung sepi, bagus banget mungkin kalo siang hari, sayangnya kita sampe sini udah agak sore jadi gak keliatan biru lautnya, tapi tetep oke lah. In case kamu mau samain itinerary kayak saya, pastikan untuk tidak berlama-lama di Pantai Atuh ya.. hahaha biar dapet matahari juga di Suwehan.

Processed with VSCO with c7 preset
Tebing di Pantai Suwehan
Processed with VSCO with c7 preset
Spot Foto Hits di Pantai Suwehan

Note: Pastikan kamu punya energi lebih dan kondisi badan yang mumpuni untuk ke pantai Suwehan karena di sini kamu harus menuruni tebing yang tingginya mungkin jauh lebih tinggi dari gedung tertinggi di Indonesia Raya.

II. HARI KEDUA

Di hari kedua setelah bermalam di pulau ini, saya menentukan untuk melakukan eksplor ke arah barat, lebih dekat dengan homestay tempat saya dan temen-temen menginap dan juga dekat sama dermaga pastinya. Oke, tujuan hari ini adalah:

  • Pantai Pasih Uud (The Broken Beach)
  • Angel’s Billabong
  • Pantai Kelingking

PANTAI PASIH UUD (THE BROKEN BEACH)

Well, pantai ini namanya udah harum banget di Instagram ya, so bukan tempat tersembunyi lagi dan di sini udah banyak banget turis berdatangan. Waktu yang tepat kalo mau berkunjung ke sini adalah di bawah jam 10 pagi waktu setempat, karena masih sepi, sisanya udah kayak pasar.

Processed with VSCO with c7 preset
Pantai Pasih Uug (The Broken Beach)

*****Gak usah takut salah jalan karena google maps udah bisa memetakan lokasi di Nusa Penida ini dengan sangat akurat

ANGEL’S BILLABONG

Nah, masih di satu lokasi yang sama dengan broken beach, kamu tinggal jalan aja lebih dalem lagi ikutin petunjuk untuk bisa sampe ke Angel’s Billabong. Remember, tempat ini macem kolam di pinggir laut persis, so pemandangannya bagus banget tapi juga bahaya banget kalo kamu berenang terlalu lama karena ombak besar bisa dateng kapan aja gak bisa diprediksi. But, kalo mau renang aman damai kamu bisa coba di jam-jam pagi ya.

Processed with VSCO with c7 preset
Beach Pool di Angel’s Billabong

PANTAI KELINGKING

Dulu sejak tau pantai ini dari salah satu fotografer asal Bali di Instagram, tempatnya menantang abis, cuma pas saya ke sini udah mulai banyak dipagar dan diberi akses jalan yang layak. Ini bagus, tapi jadi sangat turistik untuk petualang kek saya ini, haha.. Eh iya, ke sini pas siang-siang harus siaga sunblock super SPF yah! Sumpah matahari di Nusa Penida ini jahat banget 😦

Processed with VSCO with c7 preset
Pantai Kelingking yang Melegenda

Selesai dari pantai Kelingking ini, saya menyudahi petualangan di Nusa Penida dan lanjut ke Bali untuk explore bareng temen-temen Instagram lainnya. Kurang? IYA KURANG BANGET waktunya untuk eksplor hanya dengan semalam aja, but hey.. cuma semalem saya bisa dapet 6 spot foto kece loh! hahahaha Worth to try lah ya, kalo kamu bisa manage waktu lebih baik mungkin bisa dapet spot lebih banyak lagi.

******Siapkan uang cash berlebih ya, you know ATM di sini sangat terbatas!

Udah siap ke Nusa Penida?

Advertisements

0 comments on “1 Malam Mengesankan Di Nusa Penida, Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: