Worldwide Destinations

Ini Enaknya Liburan Ke Hong Kong

Beberapa minggu lalu, saya sempat berkunjung ke Hong Kong untuk liburan, sebelumnya gak pernah kepikiran di benak saya kalo nantinya saya akan bisa ke negara ini. Entah, mungkin karena harga tiketnya yang mahal, gak tau enaknya liburan ke sana, dan memang belum bernafsu untuk liburan ke kota besar. Tapi bersyukur ternyata ada rejeki menghampiri sehingga berkesempatan bisa liat-liat keindahan Hong Kong ini.

Oh iya, meskipun Hong Kong bisa dibilang sebagai negara kecil dan salah satu kota besar di dunia, ternyata banyak banget hal-hal unik yang saya temui di sini loh gengs.. Nah, menurut saya ini enaknya liburan ke Hong Kong:

1. Gak Semacet Jakarta

Gimana mau macet coba? Motor aja hampir gak ada di jalanan dan hampir semua orang mau naik transportasi umum, dan menurut saya pribadi, sistem transportasi di Hong Kong ini keren banget, semua sangat terintegrasi mulai dari Ferry, MTR, Subway, Tram, Bus, sampe ke Angkot bisa dengan mudahnya diakses semua orang, jadi ga ada deh tuh istilah “duh mau ke sana gimana ya? Jauh ah.. blabla” eek kucing itu. Beda ya sama Jakarta, udah gitu pembayarannya juga sangat gampang dengan satu kartu yang bernama Octopus, jadi gak repot mau pake kartu A cuma bisa gesek di A, naik transportasi lain beli kartu lain lagi, dst. No way!

hk-octopus
HK Octopus Card | Source: http://myhongkongblog.blogspot.co.id

2. Masyarakat Yang Tertib

Ini salah satu yang bikin saya kagum juga sama Hong Kong ya, meskipun penduduknya semrawut, jalanan juga gak lebar-lebar amat, tapi semua tertib, keliatan loh kalo lagi di jalan dari cara nyebrang jalan mereka aja bener-bener patuh sama rambu lalu lintas meski ga ada mobil yang melintas juga, hemm.. Kalo saya sih biasanya asal nyebrang aja kalo jalanan sepi, bahkan ada mobil juga tinggal angkat tangan aja biar mobilnya yang berenti mempersilakan kita jalan, hehe

People waiting at traffic lights
People at Traffic in HK | Source: http://choosehongkong.wordpress.com

3. Toleransi Antar Rasial

Sama kayak Jakarta, Hong Kong juga memiliki penduduk yang multikultural, beragam banget mulai dari ras, agama, kewarganegaraan, dll., tapi yah sejauh yang saya liat dengan durasi liburan yang sangat singkat, gak ada sih orang di sana yang beda-bedain satu sama lainnya, semua RESPECT meskipun ada yang jual majalah porno pinggir jalan, orang mesra-mesraan di tempat umum, orang beribadah beda agama, gak ada yang suka demo-demo gitu.

4. Belanja Barang Dengan Harga Murah

Nah, untuk urusan belanja Hong Kong bisa jadi salah satu primadona. Semua toko branded ada di sini, bahkan harga yang ditawarkan bisa lebih murah dari yang dijual di Indonesia loh gengs, jenis barangnya pun lebih beragam bahkan ada beberapa yang gak ada di Indonesia. Uniknya, harga barang-barang di sini jauh lebih murah daripada harga makanan loh.. hemm..

slide1
Hong Kong Street Shopping

5. Modernitas & Keasrian Alam Berdampingan

Landscape Hong Kong ini merupakan kepulauan dan bukit-bukit, so.. meskipun padet banget sama gedung-gedung tinggi nan modern, masih banyak juga tempat luang yang masih asri banget alamnya, contohnya kayak gini:

img_67581
Hutan di Perbukitan berdampingan dengan Gedung pencakar langit
River-in-Hong-Kong
Sungai di salah satu sisi Hong Kong

Meskipun terasa enak liburan di Hong Kong kayak gitu ya, tapi ada juga nih yang bikin saya ga betah dan pengen cepet-cepet balik ke tanah air:

1. Cenderung Jorok Untuk Urusan Toilet

Udah beberapa kali saya masuk toilet umum dan dari sekian kali itu kebanyakan nemuin toilet yang keadaannya belom disiram sama pengguna sebelumnya.. iyuh banget kan.. Toilet kayak gini padahal ada di dalam mall atau tempat-tempat umum di pusat kota loh gengs. Sayangnya saya gak ambil foto untuk ini, lagian jijik juga kan kalo sampe di-share? hehe

2. Susah Cari Makanan Halal

Ini salah satu yang penting ya apalagi buat kamu yang beragama islam. Jajanan pinggir jalan/street food di sana memang beragam banget, mulai dari seafood sampe jeroan pun ada, tapi sayangnya selalu ada babinya! hahahaha… Bahkan saat kamu mau coba makan di gerai fast food macem Yoshinoya, McD, KFC, dll. itu juga ada menu babinya, kalo kalian woles mungkin bisa pesan yang ayam atau ikannya, tapi buat yang gak woles pasti kepikiran babinya sepenggorengan sama menu yang kamu pilih kan ya? hahaha Kebetulan saya gak repot sampe cari resto Arab/Indonesia ya gengs, jadi woles bae lah.

hong-kong-street-food-hong-kong-cheap-eats-NWM-5
Hong Kong Street Food

Nah, ini aja sharing dari saya ya.. Kira-kira kalo dari kalian ada yang punya pendapat lainnya saat liburan ke Hong Kong? Yuk, silakan comment di bawah untuk bertukar pengalaman ya 🙂

 

Advertisements

0 comments on “Ini Enaknya Liburan Ke Hong Kong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: